Senin, 29 Desember 2008

PULAU SEMPU THE BEACH NYA INDONESIA




Uuaapiikkkkkkk tuenaann.Sumpah deh,gak bo'ong,bener" Buagusssss.........Top Markotop deh pokoknya.eh...dah pada tau belon tentang pulau Sempu??sing mesti wong jawa timur mesti kudu itreng dunkz.....khan berada di wilayah kabupaten Ngalam.
He...he...he...he...Mentuz put..put...(dudu' iretup lek gak Mentuz)he...he..he..he...




Pulau sempu adalah sebuah pulaukecil yg terletakdi sebelah selatan pulau jawa,pulau ini berada d wilayah kabupaten malang,jatim.saat ini sempu merupakan kawasan cagar alam yg di lindungi pemerintah.Hmm...Untuk menyeberang dari pulau jawa ke pulau sempu kita tdk perlu menggunakan jasa angkutan laut alisas naik perahu. he..he..he.. Tapi itu hanya bisa di lakukan xl air laut nya lagi surut loh..

Akses kesana juga sangat mudah,tapi harus di inget,kalo mau menyeberang pulau sempu hanya bisa di lakukan pagi N sore hari saje.
dan itupun ga boleh lebih dari pkl:16:00.coz klu lewat dari jam 16:00,bisa berbahaya,ntak banyak nyamuknya,he...he..he...

Untuk mencapai pulau sempu ini gampang kok,memulai perjalanan dari terminal arjosari ngalam sono,kemudian naik angkot ke arah turen,xl d itung" biayanya ga mahal koq,paling ga nyampe rp.10.000/org.Dari sono(turen),naik angkot lagi ke sendang biru,lumayan paling Rp.15.000 /org.perjalanannya sangat asyik coz dapat melihat N menikmati pemandangan alam di daerah Ngalam natales.wuuiihh.....nyenengin dwchh...pokok'e...jan top markotop...he..he....he...


Dari pantai sendang biru,perjalanan menuju pulau sempu tinggal sedikit lagi.biasanya wisatawan asing lebih suka bermalam d sendang biru.Nda mau toper dengan Tenda N sebgnya yg harus d pasang d pulau sempu kalo mau menginap.sesuai namanya ,pantai sendang biru ini benar" buiru air nya,bahkan malah kadang sedikit kehijauan.Muantapp......Mak nyossss.....Poko'e,mo beli ikan Bkar di sana juga bisa kok,tinggal minta aja ama nelayan yg lagi sandar di sono,buanyak ikan tole yg guedhe lho...he..he...he... aq swneng klu ke tmpat temen mas ku d sendang biru meuesti d tunjuki iwak tole sing guedhe" mek d tunju'i thok tp he..he..he...he...

Sebelum masuk pulau sempu,wajib lapor ke pos di sendang biru.Pos ini mbertugas memberikan perijinan kepada tiap orang yg masuk ke pulau sempu.Soalnya pulau sempu dah jadi CAGAR ALAM.Makanya,haruz d jaga kelentarian habitat N lingkungannya.Biaya masuk biasanya terserah QT.Yang penting cukup mengisi buku tamu N sedikit memberikan foto copy KTP or Tanda pengenal lainnya.lak gampang see...ker....???he...he..he...

Kawasan Cagar Alam Pulau Sempu berdasarkan SK.GB No.46 sTBL.1928 No. 69 Tahun 1928 dengen luas 877 Ha.Penetepan kawasan tersebut sebagai Cagar alam karena keadaan alamnya yg khaz,juga d peruntukan bagi kepentingan penelitian N Pengetahuan.Letak kawasan Cagar alam pulau Smpu di perairan indonesia yg secara administratif pemerintahan yg termasuk ke dalam desa tambak rejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan,KAB Daerat Tk.II Kab Malang.

Untuk mencapai lokasi cagar alam pulau sempu dapat di tempuh perjalanan darat dari ibu kota propinsi(surabaya)Maupun dari ibukota Kabupaten (Malang)Dengan mwnempuh rute perjalanan yg tercantum d tabel ini.




POTENSI KAWASAN

Cagar Alam Pulau Sempu Memiliki 4(empat) type ekosistem di mana masing" memiliki ciri yg berbeda satu sama lain
tetapi secara keseluruhan merupakan satu kesatuan yg tak dapat di pisahkan,Seperti Bhineka Tunggal Ika ya he..he....he...

.


Ekosistem hutan Mangrove,struktur hutan mangrove ini sangat sederhana karena terdiri dari satu lapisan tajuk pohon dengan jenis"yg relatif sedikit.Jenis"tumbuhan yg umum di jumpai adalah Bakau(Rhizobhara sp),dan api"(Avicenia sp).Sedangkan jenis" satwa yg umum di jumpai pada daerah perairan hutan mangrove adalah ikan Glodok,kepiting,udang.

Ekosistem Hutan Pantai,areal hutan pantai Cagar Alam Pulau Sempu d bagian Utara,Barat N Selatan Terutama pada pantai dengan pesisir yg landai.Jenis" tumbuhan terdiri dari Ketapang(terminilia catapa),bBaringtonia asitica,waru laut (Hibicus tidiacus) dan pandan(pandanum tectorius).
Adapun jenis" satwa liar yg sering di jumpai pada kawasan pantai ini antara lain : Burung elang laut(helicetus leucogaster)Burung Dara laut(serna albiforn),Biawak(varanus sp),umang laut da lain".

Ekosistem Danau.Daratan Cagar Alam Pulau Sempu memiliki dua buah danau yaitu
Danau telaga LELE dengan areal luas kurang lebih 2 Ha,yg merupakan danau air tawar.
Danau Segoro Anakan dgn areal seluas kurang lebih 4 Ha, yang merupakan danau asin. Danau air tawar Telaga Lele terletak di bagian timur kawasan Cagar Alam,sedangkan Segoro Anakan Berada Di bagian Barat Daya.Masing" memiliki peranan yg penting sebagai sumber air bagi kehidupan satwa liar,terutama pada musim kemarau.


Ekosistem Hutan Tropis Dataran Rendah Type ekosistem ini menempati areal yg terluas dan tersebar hampir di seluruh kawasan, so menjadi ciri utama kawasan Cagar Alam Pulau Sempu.Stuktur hutan tropis ini ditandai dengan adanya tumbuh"an yg terdiri dari tiga tw empat lapiz tajuk pohon dengan komposisi yg beragam.Beberapa jenis pohon yg dominan yaitu Bendo,Triwulan,Wedang Dan Buchanania arborescens.


FLORA
Kawasan Cagar Alam Pulau Sempu memiliki 223 jenis tumbuhan yg tergolong dalam 144 marga N 60 suku.Dari 60 suku tersebut telh di ketahui lima suku yg memiliki jumlah individu,jenis dan marga relatif cukup banyak.Kelima suku tsb adalah:Moraceae,Euphorbiaeceae,Anacardiaceae,Annonaceae,Sterculiaceae.


PANORAMA
Panorama alam yg indah dapat di jumpai di kawasan cagar alam bagian utara yg berupa "Pantai Pasir Putih"dimana hamparan yg berwarna putih dengan air lautz yg jernihmemberi kesan tersendiri bagi setiap orang yg datang untuk menikmatinya.



FAUNA


Satwa liar yg hidup dalam kawasan Cagar Alam Pulau Sempu sekitar 51 jenis yg terdiri dari 36 jenis aves,12 jenis mamalia dan 3 jenis Reptil.Yg sering di jumpai diantaranya Babi hutan,Kera Hitam,Burung Rangkong N Belibis(burung paling kaya yg mampu membeli bis pa lagi klu beli pesawat )he...he....he....he...he....

Keunikan/Kekhasan

Pada kawasan ini terdapat goa air tawar yg terletak dari 25 meter dari pantai yg ke tinggian 25vmeter di atas permukaan air laut.Panjang (kedalaman) goa sekitar 20 meter dan bagian dalam lebar nya 3-5 meter serta berlantai kering.Goa ini bagi masyarakat setempat yg masih percaya akan kegaibam Alas Sempuh,merupakan tempat untuk bertapa(semedi).


Yang bisa ditemui di Pulau Sempu ini QT bisa berenang di air yg sangat jernih tanpa harus takut terseret gelombang.apalagi perairan di sekitar pulau sempu pereiran laut selatan tw laut Indonesia yg terkenal bergelombang Besar.Buat berenang....????jangan tanye,boleh dan enax buangetz.....sumpeh...bisa juga buat main volly pantai.Mau berjemur..????boleh kok, asal tidak meninggelkan mas/mbak/pak/bu norma kesusilaan ya...hue...he..he...


Di Sempu kita akan menemukan telaga yg di sebut dengan Segara Anakan.Tempat ini lebih mirip telega kecilyg dikelilingi batu karang yg membatasinya dngn laut.Suplai air ini berasal dari karang yg berlubang besar d tengehnya,yg secara periodik menyajikan pemandangan indah percik" air deburan ombak yg menghantam karang.sebagian air itu mengalir masuk ke segara anakan.





Selain berenang di kolam raksasa ini.QT jg bisa bersantai dgn bermain volly pantai.bagi yg menyukai suasana alam yg asli,jauh dari kebisingan kehudupan modern,Pulau Sempu memberikan solusi,hanya memang jangan mengharap mengharapkan ada hotel berbintang limo,selain tempat tidur yg d bawa sendiri.



Tapi untuk bisa mencapai Segara Anakan di Pulau Sempu,kita harus menyeberang dengan perahu dari sendang biru.Biaya total Rp.60.000 bolak balik alisas PP.Lalu Qt kan sampai di pintu masuk pulau sempu,dan untuk mencapai segara anakan Qt harus berjalan menyusuri hutan hujan tropis sekitar 1 1/2 jam perjalanan.tapi bisa luebih lama lagi xl jalanan becek....soale licin......(udah becek ga da ojek>>jare cinta laura tapi)je..he..he..Tapi semua tyuh akan terbayar kontan ga pake check dengan keindahan segara Anakan Di Pulau Sempu.....

Gemana......tertarik untuk kesana......???????wes ndang di siapno bekal e ndang melunciuuurrrr ke sono......
hue...he...he.....percoyo wes gak bakal nyesel .....ck....ck...ck....ck...ck.....ck....

By:

2 komentar:

Musdalifa Aco, ST. mengatakan...

assalamu alaikum !!!
Lam kenal !!! wah ada yang suka ke sempuh juga yah !!! Boleh dicoba tuh ... nanti bakal ke sana ... kalau dah kesana bakal kupamerin foto foto terbarunya sempuh deh !!!doain baek-baek aja yah !!!

Sun Girl mengatakan...

Wa'alaikum sala mbak...
salam kenal balik zaa...
di tunggu ya foto terbaru sempunya
he..he..he..
G B U
wassalam