Kamis, 10 September 2009

Penyembuhan Hati (Nyembuhin hati disaat gunda-gulana,keruh,stress DLL)



Ass. Wr. Wb.
Sesungguhnya segala puji hanya milik Allah SWTYang kami memuji-Nya, kami memohon pertolongan dan pengampunan dari-Nya, yang berlindung dari kejelekan jiwa-jiwa kami dan keburukan amal-amal kami. Barangsiapa yang mendapatkan petunjuk Allah, tidak ada yang dapat menyesatkannya, dan barangsiapa yang disesatkan oleh-Nya, tidak ada yang dapat menunjukinya.

Saya bersaksi bahwasanya tiada Ilah yang Haq untuk disembah melainkan Allah, tiada sekutu bagi-Nya dan saya bersaksi Muhammad SAAW adalah hamba dan utusan Allah .

Ikhwani wa akhwati, perkara hati bukan merupakan perkara yang remeh, oleh karena itu jika kita menaruh perhatian untuk memperbaikinya, sebagai akibatnya umat ini akan menjadi lebih baik. Kita harus menyebutkan betapa pentingnya hati, sehingga masing-masing dari kita meletakkan hati dihadapannya dan bekerja siang dan malam untuk memperbaikinya.

Hari ini saya kembali mengulas tentang hati kembali, soalnya banyak banget yg statusnya (fb) mereka disaat posting ungkapan dari hati ada yg baik ada yg buruk.. ibarat kata ada yg lagi sakit hati ada juga yg lagi seneng hatinya..

ini kita sekrang berbicara dan mencatat dalam sebuah artikel tentang penyembuhan hati yg kalut, gundah-gulana, ato sedang keruh..
kalo yg lagi seneng dah pasti bahagia ngga perlu dibahas cukup diingetin ajah jangan sampe lupa daratan kalo lupa lautan no problem hehehehehehe

Penyembuhan HAti :

Pertama, memiliki pengetahuan tentang obat penyakit hati yang
disebutkan di atas adalah sangat penting. Yang paling utama adalah
memiliki aqidah yang benar. Allah berfirman: “dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya.” (QS At-Taghabun [64] : 11)

Penyembuhan kedua adalah menerima Al-Qur’an sebagai sumber petunjuk. Allah berfirman : “Dan Kami turunkan dari Al Qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS Al-Isra [17] : 82)

Dan juga Allah berfirman: “Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS Yunus [10] : 57)

Ketiga mengikuti jalan para salaf akan menyembuhkan hati dari penyakitnya. Jika misalnya, anda tersesat di jalan kemudian melihat di depanmu seorang laki-laki yang engkau percaya dan salih. Dia berkata kepadamu: “ikutilah aku.” Tidakkah engkau akan mengikutinya? Tentu saja anda akan mengikutinya. Ini sama dengan mengikuti para sahabat
Nabi.

Allah memuji mereka dalam kitab-Nya dengan berfirman: “Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan
baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.” (QS At-Taubah [9] : 100)

Keempat, kesembuhan diperoleh dengan berdzikir kepada Allah.

Kelima, berziarah ke kubur. Hal ini ditinggalkan, kecuali kepada orang-orang yang dirahmati Allah.
Rasulullah SAW bersabda: “Dahulu aku pernah melarang kalian berziarah kubur, namun sekarang berziarahlah kalian.” HR Muslim, At-Tirmidzi, An-Nasa’i dan Abu Dawud.

Dalam riwayat yang lain: “Berziarahlah, karena berziarah mengingatkan akhirat” Dishahihkan oleh Syaikh Albani dalam Sunan At-Tirmidzi no. 1054.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, hati kita akan menjadi lembut dan akan mengingatkan kepada kehidupan berikutnya. Dengan mengingat orang-orang yang telah meninggal, ibu, ayah, paman, bibi, dan anak-anak, hal ini akan mengingatkanmu kepada kematian. hanya ini yg sedikit menjadi penyampaian pada pagi hari ini. moga ada guna dan mamfaatnya..

teriring doa :

“Ya Allah, anugerahkanlah kepada hati Kami Ketakwaannya, Sucikanlah ia, Engkau adalah Sebaik-baik yang mensucikannya, Engkau adalah pelindung dan penolongnya.. Amin.

Wass. Wr. Wb

0 komentar: