Selasa, 17 Februari 2009

^_^Seluk Beluk "Valentine Day"^_^



Nama Valentine di duga dar salah satu dari tiga nama santo yang menjadi martir di Zaman Romawi.Tetapidari tiga santo itu dapat dioastikn jika nama Valentine berasal dari nama seosrang santo yg hidup yg hidup di masa pemerintahan kaisar Claudius II(MENINGGAL TAHUN 270).Perayaan Valentine untuk pertama kali nya di akui secara sah pada tahun 496 oleh Pope Gelassius I.
Menurut kisah nya santo ini menjadi salah seorang yg menentang kebijakan kaisar Caludius yg melarang pernikahan di usia muda(karena saat itu Roma sedang perang.Sehingga prajurit yg mempunyai keluarga akan menghambat perekrutan prajurit baru)Peraturan ini di ciptakanuntuk merekrut prajurit muda yg lebih baik.Santo Valentine yg menyadari ketidak adilan ini segera menolak.
Ia tetap melakukan Pemberkatan pernikahan pada orang" muda secara diam".Ketika akhirnya perbuatan ini di ketahui Sang kaisar.santo Valentine pun di penjara.Ia dijatuhi vonis hukuman mati.selama penantian hukuman mati itulah ia mengenal seorang gadis cantik yg ternyata adalah putri dari sipir penjara.
Alkisah akhirnya ia jatuh cinta dengan sang gadis.
Gadis itu terus menerus mengunjungi santo Valentine secara rutin,sebelum kematian menjemputnya.Santo Valentine menririmi sang gadis sebuah surat,Didalam suratnya ia menulis "From Your Valentine".
Beberapa waktu kemudian,orang" yg telah berhutang budi pada santo Valentine sepakat untuk memperingati rasa simpatik,heroik,dan sisi romantisme santo Valentine.Perayaan itu yg di kenal sebagai hari Valentine.Pada hakekatnya perayaan ini di maksud untuk memperingati sifat" Santo Valentine.
Terkadang pengrertian Hari Valentine sering di salah artikan oleh sebagian orang.Beberapa mengira Jika Hari Valentine adalah hari besar agama tertentu.Padahal ini salah besar,Memang santo Valentine DlH ORANG Katholik,tapi esensi dari perayaan Valentine untuk mengenang jasa"nya.

TRADISI HARI VALENTINE DI NEGARA NON BARAT
Jepang
Hari Valentine sudah muncul berkat nmarketing besar"an,sebagai hari di mana para wanita memberi para pria yg mereka senangi>permen chocolate.namun hal ini tidak di lakukan secara sukarela melainkan menjadi sebuah kewajiban .Terutama bagi mereka yg bekerja di kantor".
Chocolate ini di sebut sebagai Giri_Choco,dari kata giri(kewajiban)Choco(chocolate).
nantinya,sang pria akan membalas pemberian sang girl pada 14 maret atau yg lebih dikenal dengan White Day.

Taiwan
Sebagai tambahan dari hari Valentine dan hari Putih,masih ada satu hari raya yg lainnya yg mirip dengan kedua hari raya yg di tilik dari fungsinya.Namanya adalah "hari anak perempuan"(Qi Xi).Hari ini di adakan hari ke-7 bulan ke-7 menurut tarikh calender kamariyah Tionghoa.

Indonesia
Budaya bertukaran kartu ucapan antar kekasih juga mulai muncul.Budaya ini cenderung menjadi budaya populer dan konsumtif karena perayaan Valentine lebih banyak di tujukan sebagaiajakan pembelian barang"yg terkait dengan Hari Valentine seperti kotak cokelat,perhiasan dan Boneka.Pertokoan dan media (stasiun TV,radio N majalah" Remaja)terutama di kota" besar Indonesia marak mengadakan acara" yg berkaitan dengan Hari Valentine.


0 komentar: